PEMBERDAYAAN DIFABEL MELALUI ASSET BASED APPROACH: Studi Kasus di Dusun Piring Desa Srihardono Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Oleh Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (RTPD)

Abstract

Pemberdayaan merupakan salah satu strategi pembangunan yang berkenaan dengan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kreatifitas, termasuk juga pemberdayaan difabel. Strategi dalam pemberdayaan difabel adalah proses di mana difabel diberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan agar lebih mandiri. Penelitian pemberdayaan difabel ini bertujuan untuk menggambarkan pemberdayaan yang diberikan kepada difabel, dalam hal ini di Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (RTPD) yang letaknya di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemberdayaan difabel melalui pendekatan berbasis aset (Asset Based Approach) yang dilakukan oleh Rehabilitasi Terpadu Penyandang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan apa yang ada di lapangan. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi yang didukung oleh data kepustakaan. Pemberdayaan difabel ini dianalisis melalui Asset Based Approach. Pendekatan berbasis aset ini merupakan salah satu pendekatan untuk melihat aset atau potensi apa saja yang dimiliki oleh difabel. Maka dari itu, temuan di lapangan menghasilkan bahwa pemberdayaan difabel di RTPD sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari beberapa bimbingan dan pelatihan yang diberikan oleh RTPD.