Uji Validitas Tes Buatan Dosen Mata Kuliah Fiqh

Abstract

The effort to design an accurate and exact instrument is urgent for lecturers to get objective information of students’ achievement. The accuracy of information or data gained related to students’ result of learning influences severely on policy that will be decided. Unfortunately, the accuracy of information expected can not be get easily. This is caused by the less qualified instrument of test used. Related to this case, not all of instrument of test given by lecturer to students are in line with learning indicators constructed. Therefore, it is important to do a research to explore the issue. The research was aimed to know the validity of test items of Fiqh subject–and also the related subject. The result of research was got based on the document analysis–sillaby and Lesson plan/SAP, and final examination sheets of Fiqh I, Fiqh II, Fiqh III, Fiqh Muqarran, Masail Fiqhiyah, Ushul Fiqh II, Ushul Fiqh III as well. They were in academic year 2012–2013 of PAI major. The documents were analysed by using descriptive analysis qualitative technique. The data analysis was done by lecturer who is expert in the field of Kurikulum Pendidikan Agama Islam and assessment. The findings shows that the test items of the subjects were valid based on the aspect of learning material scope, construction, and language/culture. Upaya untuk merancang sebuah instrumen yang akurat dan tepat sangat mendesak bagi dosen untuk mendapatkan informasi yang obyektif seputar prestasi siswa. Keakuratan informasi atau data yang diperoleh terkait dengan hasil belajar sangat berpengaruh pada kebijakan yang akan diputuskan. Sayangnya, keakuratan informasi diharapkan tidak didapat dengan mudah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan instrumen yang kurang memenuhi syarat ketika dilakukan tes. Terkait hal ini, tidak semua instrumen tes yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa yang sejalan dengan indikator pembelajaran dibangun. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penelitian untuk mengeksplorasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas item tes Fiqh subjek-dan juga subjek yang terkait. Hasil penelitian ini berdasarkan dokumen analisis-sillaby dan Rencana Pembelajaran / SAP, dan lembar ujian akhir Fiqh I, Fiqh II, III Fiqh, Fiqh Muqarran, Masail fiqhiyah, Ushul Fiqh II, Ushul Fiqh III juga. Dokumen dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan dosen yang ahli di bidang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan penilaian. Temuan menunjukkan bahwa item tes mata pelajaran yang berlaku berdasarkan pada aspek pembelajaran lingkup materi, konstruksi, dan bahasa / budaya. Kata Kunci: Validitas, Item Test, Materi Pembelajaran Fiqh