MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN (Studi Kasus di SMKN 1 Grati Pasuruan Jawa Timur)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk membantu kepala sekolah dalam membangun dan membina kedisiplinan siswa melalui aktivitas keagamaan di sekolah. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan jenis penelitian Study Kasus (Case Study). Data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas keagamaan yang dilaksanakan di SMKN 1 Grati Pasuruan membangun kedisiplinan para siswanya sebab dirancang secara sistematis dengan bimbingan, pemberian informasi, pengawasan serta peningkatan kualitas para siswa pada aspek keagamaan, supaya tercipta sikap mental dan pengembangan potensi yang positif sehingga menjadi insan kamil, yakni mempunyai sikap akhlakul karimah dan memiliki keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan adanya kegiatan keagamaan ini, sangat membantu siswa untuk belajar disiplin dalam segala hal mulai dari disiplin masalah ibadah maka dengan begitu bukan masalah ibadah saja yang disiplin tetapi masalah belajar juga ikut disiplin. Adapun Aktivitas keagamaan yang dilaksanakan di SMKN 1 Grati Pasuruan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pertama : aktivitas harian yang terdiri dari shalat dhuha berjama’ah, sholat dhuhur berjama’ah dan program 6 S (Salam, Salim, Senyum, Sapa, Sopan, Santun) yang dilaksanakan setiap hari, kedua : aktivitas mingguan yang terdiri dari shalat jum’at berjama’ah, majlis ta’lim ( khusus untuk siswi perempuan ), dan pembacaan istighasah, dzikir, dan asmaul husna, ketiga : aktivitas pilihan yang terdiri dari ekskul al – banjari, BTQ ( Baca Tulis Qur’an ) dan qiro’ah.