REVITALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Abstract

AbstrakPenelitian ini memfokuskan bagaimana cara mahasiswa yang sedang melakukan Praktek Kuliah Lapangan (PKL) memahami pluralisme. PKL adalah sarana untuk memahami pluralisme, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat yang plural. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik partisipan observasi dan wawancara didukung data sekunder untuk memperkuat data.  Hasil dari penelitian ini adalah  materi pembekalan yang diberikan prodi  kepada mahasiswa PKL, yang memuat nilai-nilai pluralisme memberikan kontribusi yang besar bagi mahasiswa, sehingga nilai-nilai tersebut terinternalisasi dan diekspresikan dalam bentuk kerjasama yang harmonis dengan kelompok masyarakat.   Dengan demikian PKL adalah salah satu strategi untuk menciptakan pendidikan yang peka terhadap realitas sehingga terbentuk toleransi  terhadap pluralism di masyarakat. Kata Kunci: Revitalisasi, Pendidikan Multikultural