Keterampilan Analisis Data Statistika Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kendari

Abstract

Banyak mahasiswa yang belum terbiasa menggunakan data statistikadan statistik pendidikan dalam belajar dan mengambil keputusan.Kurikulum IAIN Kendari belum memperkenalkan mata kuliahberbasis kuantitatif pada awal perkuliahan. Mata kuliah berbasiskuantitatif akan diperkenalkan saat mahasiswa memasuki jenjangsemester IV, V dan VI. Mahasiswa masih sulit memahami danmengenal istilah-istilah yang digunakan dalam statistika dan statistikpendidikan. Penjaringan dengan kuantitatif deskriptif denganmenggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa dalammelakukan analisis data statistika dan statistik pendidikan yang masukdalam kategori sangat terampil (mahasiswa program studi PBA IV Ayaitu mencapai 62.5 %); yang masuk dalam kategori terampil(mahasiswa program studi KI VI A sebesar 65 %); yang masukkategori cukup terampil (mahasiswa program studi KI VI A mencapai30 %), yang masuk kategori kurang terampil (mahasiswa programstudi PBA IV A yaitu mencapai 12.5 %) dan mahasiswa yang masukdalam kategori tidak terampil (mahasiswa program studi PAI semesterIV rombel A, yaitu sebanyak 4.17 %).Kata kunci : Kreativitas, keterampilan, Latihan Terbimbing