Sistem Penyelengaraan Pendidikan Guru Berkualitas di Kementerian Agama

Abstract

Kebutuhan calon guru kian hari semakin meningkat, bahkan membutuhkan penanganan secara cepat, dengan mempertimbangkan masuknya dunia politik dan gagasan dakwah ke rana pendidikan Islam, di samping melihat keterbatasan anggaran pendidikan di Departemen Agama. Keberadaan pendidikan guru, sebenarnya telah banyak memberikan kostribusi positif bagi perkembangkan pendidikan Islam di Indonesia. Perkembangan signifikan terhadap jumlah lembaga pendidikan guru dengan pola penyebaran yang luas di hampir seluruh provinsi telah menghasilkan ribuan alumni tenaga pendidik, dan kependidikan dari beragam keahlian dan jenjang pendidikan. Kehadiran tenaga guru di tengah-tengah masyarakat, juga telah memberi sumbangan baru dalam pengembangan pendidikan Islam ke arah yang lebih maju.Tantangan guru  di masa depan sangat berat, baik tantangan bersifat internal maupun eksternal. Tantangan internal bisa berupa pemberlakuan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang menuntut peningkatan kualitas guru sebagai tenaga profesional. Sedangkan tantangan eksternal bisa berupa arus globalisasi yang menuntut sumber daya manusia berkualitas yang memiliki daya saing dan toleransi tinggi. Sehingga calon guru di masa depan haruslah sosok pendidik yang profesional dan memiliki kopetensi secara akademik, pedagogik, berkepribadian baik, memiliki daya saing dan toleransi tinggi serta mampu menguasai teknologi untuk kepentingan pendidikan dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Agar tujuan dimaksud dapat dicapai, tentu harus disiapkan sosok guru yang ahli di bidangnya, seperti menyiapkan rancangan sistem pendidikan guru yang berorientasi pada kualitas dan dikelola secara profesional. Kata kunci: Peningkatan pendidikan guru di lingkup Departemen Agama