Evaluasi Program Pendidikan: “Pedekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler)”
Abstract
Dari awal perkembangan evaluasi pendidikan sekitar tahun 1960-an sampaisekarang, tokoh-tokoh evaluasi telah mengembangkan sekitar puluhanmodel-model evaluasi. Berbagai model ini pula didasarkan pada pendekatan,bentuk-bentuk dan tujuan evaluasi. Model-model ini digunakan untukmengevaluasi program atau kegiatan dalam berbagai aspek, baik itu dalambidang politik, ekonomi, hukum, budaya dan pendidikan. Evaluasi programpendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaianinformasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untukpertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau dilanjutkan.Diantara sekian banyak tokoh dalam berbagai model dan dan pendekatannya,salah satu tokoh evaluasi pendidikan yang terkenaladalah Ralp W Tyler. Iaberpendapat bahwa evaluasi adalah suatu proses menentukan apakah tujuantelah terealisasi atau belum. Penentuan pencapaian terhadap tujuan telahterealisasi atau belum, dirumuskan dengan 7 (tujuh) langkah evaluasiberorientasi tujuan Tyler. Tulisan ini bertujuan untuk menerangkan konsep,langkah dan tujuan dari model evaluasi yang dipelopori oleh Ralph W Tyler.Kata Kunci: Evaluasi Program, Berorientasi Tujuan, Ralph W Tyler