Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak            Pembelajaran bahasa Inggris pada jenjang sekolah dasar merupakan salah satu upaya membangun fondasi dasar manusia Indonesia yang berkualitas, siap bersaing dalam pergaulan global. Penghapusan pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar menjadi muatan lokal tentu tidak menghapus pentingnya pelajaran tersebut. Walaupun hanya menjadi mata pelajaran tambahan, bahasa inggris di sekolah dasar dapat dikreasi dan terus dikembangkan oleh para guru. Berbagai model pembelajaran dapat dilakukan seperti: running dictation, media gambar, media kartu kata, total psysical response, guided note taking, permainan bingo, media gambar berseri, media audiovisual, pembelajaran berbasis multimedia, roundtable, index card match, metode drill, dan reading aloud. Bahasa inggris sebagai alat ekspresi memerlukan kepercayaan diri yang tinggi bagi siswa. Sehingga penting membangun kepercayaan diri pada siswa dalam proses pembelajaranKata Kunci:   Bahasa Inggris, Kepercayaan Diri, Model Pembelajaran