Potret Pembelajaran Agama Islam Berbasis Karakter di SDIT al-Qalam Kendari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi mendalam pengelola SDIT al-Qalam Kendari mengenai proses pembelajaran agama Islam berbasis karakter. Pendekatan kontekstual digunakan untuk memudahkan pengamatan di Sekolah Dasar Islam Terpadu al-Qalam Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi model Spradley dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis Spradley yaitu: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya berdasarkan temuan penelitian, teori-teori pembelajaran dan pendapat para pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran agama Islam di SDIT al-Qalam sangat ditentukan, (1) tujuan pembelajaran agama Islam, (2) pendekatan pembelajaran kontekstual, (3) penggunaan strategi pembelajaran, dan (3) penciptaan lingkungan dan budaya sekolah yang islami. Karakter yang dihasilkan adalah; taat beribadah, jujur, bertanggung jawab, disiplin, kerjasama, peduli, rasa ingin tahu, mandiri, disiplin, kasih sayang, sopan, santun, ramah, kreatif dan menghargai.Kata kunci: Agama Islam, karakter, pembelajaran, kontekstual, SDIT Al-Qalam Kendari