Pengaruh Kreativitas dan Intelegensi Terhadap Kemandirian Belajar Anak

Abstract

Kreativitas anak dan intelegensi anak diduga kuat sangat signifikan mempengaruhi kemandirian belajar anak. Melalui metode penelitian kuantitatif, dengan menyebarkan angket pada 45 orang siswa Kelas III SD Negeri 1 di Kecamatan Baruga Kota Kendari, dugaan tersebut akan diuji kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan langsung positif antara kreativitas siswa dengan kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa tiap peningkatan kreativitas dapat meningkatkan kemadirian belajar siswa, 2) terdapat hubungan langsung positif antara inteligensi siswa dengan kemandirian belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa tiap peningkatan inteligensi siswa dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, 3) terdapat hubungan langsung positif antara kreativitas dan inteligensi siswa secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kreativitas dan inteligensi memberikan kontribusi dalam penignkatan kemandirian belajar siswa.Kata Kunci: kreativitas, intelegensi, dan kemandirian belajar.