PENDIDIKAN NILAI KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL

Abstract

Pendidikan nilai karakter merupakan pendidikan yangmenekankan pembangunan manusia seutuhnya. Manusia bukan sekedarhidup sebagai apa adanya,tetapi manusia berkewajiban dalam mewujudkankemanusiaannya yaitu, manusia hidup bersama dengan manusia lain. Untukmenjadi manusia yang seutuhnya diperlukan suatu proses yang disebutsebagai pendidikan dalam arti luas, yaitu proses pembudayaan. Pada masamendatang proses pendidikan di sekolah tidak lagi semata pemintaranintelektual (kognisi), tetapi patut diarahkan juga kepada pembentukankarakter (afeksi) yang menetaskan manusia berbudi pekerti yangmencerminkan pibadi dengan integritas moral yang tinggi guna melahirkanpemikir untuk menahkodai biduk bangsa ini.Pendidikan nilai karakter yang berbasis pada pendidikanmultikultural memiliki kekuatan dalam mengisi kompetensi anak dalamsoft skill dan hard skill yang keseluruhannya dikemas dalam pengelolaanrasa, logika sacara utuh. Perkembangan program pendidikan multikulturalberkembang dengan pesat dan dilaksanakan dari jenjang pendidikan anakusia dini termasuk di dalamnya program pedidikan guru (AmericanAssosiation for Colleges of Teacher Education). Pendidikan multikulturalpada dasarnya untuk mencari dan menggali persamaan nilai yang terdapatdi dalam berbagai jenis budaya serta pengembangan sikap toleransi kepadaindividu. Dengan membuat sistem pengelolaan yang tidak membedakanlatar belakang siswa, maka akan membantu terciptanya keharmonisandalam keragaman budaya.Melalui upaya staf dan pengelola, sekolah harus menjadilingkunga kebudayaan dan tempat terjadinya pertukaran budaya antar sukubangsa, sehingga masing-masing suku bangsa dapat saling memperkayahasanah budaya yang dimilikinya melalui pengenalan antara budaya.Dengan demikian persoalan penting dalam pendidikan multikultural perludibangun atas dasar keragaman suku bangsa, ras, dan etnik yang berbedabedadalam suatu kesatuan. Perbedaan ini dengan sendirinya akanmenimbulkan keragaman bawaan bagi peserta didik dalam kehidupanberbangsa dan bernegara.Kata Kunci : Pendidikan Nilai, Pendidikan Karakter Berbasis Multikultur