Konsep Spasial Peningkatan Profesionalitas Guru dan Dosen

Abstract

AbstrakProfesionalisme guru dan dosen sering dikaitkan dengan empat faktor yangcukup penting, yaitu kompetensi, sertifikasi, tunjangan profesi dan remunerasi. Keempat faktor tersebut diprediksi mempengaruhi kualitas pendidikan. Sertifikasi erat kaitannya dengan proses belajar, sehingga tidak bisa diasumsikan mencerminkan kompetensi yang unggul sepanjang hayat. Pasca sertifikasi seyogyanya merupakan tonggak awal bagi guru dan dosen untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme secara kontinu. Secara preskriptif, dukungan kompetensi manajemen, strategi pemberdayaan, supervisi pengembangan, dan penelitian tindakan kelas merupakan spasial empat teoretis alternatif untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dan dosen. Keempat spasial teoretis tersebut berlandaskan pada filosofi humanistik, bahwa pada dasarnya guru dan dosen dapat meningkatkan profesionalismenya secara mandiri. Spasial-spasial teoretis tersebut berperan sebagai fasilitas dan pijakan bagi guru dan dosen untuk meningkatkan komitmen dan kesadaran berbasis refleksi diri dalam rangka meningkatkan profesionalismenya. Kata Kunci : kompetensi guru dan dosen, dimensi