PENGINTEGRASIAN NILAI PERDAMAIAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Abstract

Dalam dunia pendidikan tidak sedikit kita dapatkan terjadinya kekerasandalam proses belajar mengajar tidak terkecuali baik di madrasah terlebih lagidi sekolah-sekolah. Dalam tulisan singkat ini akan diulas secara singkattentang pengintegrasian nilai perdamaian dalam pembelajaran bahasa Arab,dalam pembelajarannya perlu adanya pemaduan pendidikan perdamaiandalam pembelajaran bahasa Arab. Mengenai hal itu ada tiga prinsip untukmencapai keterpaduan dalam pembelajaran bahasa; Pertama, keefektifankomunikasi secara luas. Para pembelajar bahasa membutuhkan keterampilanberbahasa yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka untuk keperluanbelajar dan berkomunikasi. Kedua, situasi pembelajaran bahasa Arab. KetigaPemilihan konteks, prinsip perpaduan yang paling mendasar ialah bahwapembelajaran bahasa Arab akan optimal jika diusahakan dalam konteks yangbermakna. Pemilihan konteks secara berhati-hati dan sistematis sangatpenting dalam mengembangkan program pembelajaran bahasa Arab yangefektif di sekolah dan madrasah. Seterusnya tugas atau kegiatan pembelajaranperlu menggunakan sekurang-kurangnya tiga macam konteks yang berbeda,yaitu konteks ekspresif, kognitif, dan sosial. Dalam proses pembelajaran,pendidikan nilai perdamaian hendaknya tidak diberikan dalam bentukindoktrinasi meliputi inkulkasi (inculcation), pemodelan (modeling), fasilitasi(facilitation), dan pengembangan keterampilan (skill building).sedangkandalam untuk Mengembangkan keterampilan dalam mengatasi Konflik adabeberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pendekatanpreventif, pendekatan keterampilan, dan pendekatan akademik.Kata kunci : Nilai Perdamaian, Pembelajaran Bahasa Arab