Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dalam Pembelajaran Qur’an Hadits Di MTs PESRI Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis dan mengungkapkan persepsi peserta didik kelas VIII di MTs PESRI Kota Kendari terhadap pembelajaran Qur’an-Hadis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar Qur’an-Hadis peserta didik kelas VIII di MTs Ummussabri Kendari yang mendapatkan  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model pembelajaran konvensional. 3) Menganalisis dan merumuskan aktivitas peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain postes control grup desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII MTs PESRI Kendari tahun pelajaran 2013/2014 dan sampel kelas VIII2 dan VIII4. Teknik Pengumpulan data dengan cara tes dan non tes sedangkan analisis data menggunakan analisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi  peserta didik kelas VIII di MTs Ummumssabri  Kota Kendari terhadap pembelajaran Qur’an-Hadis dengan model Kooperatif Tipe NHT adalah positif; 2) Hasil belajar Qur’an-Hadis peserta didik kelas VIII di  MTs Ummussabri Kota Kendari yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada hasil belajar Qur’an-Hadis peserta didik  pada kelas kontrol yang memperoleh  metode pembelajaran konvensional;3) Aktivitas peserta didik selama pembelajaran Qur’an-Hadis yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berkategori baik. Kata Kunci:   Model Kooperatif, NHT, Hasil Belajar, Qur'an-Hadis