Peningkatan Kepuasan Kerja (Job Satisfaction) Pegawai Melalui Optimalisasi Pemberian Penghargaan (Reward)

Abstract

Artikel ini disusun dengan tujuan untuk mengkaji upaya peningkatankepuasan kerja pegawai melalui optimalisasi pemberian reward.Kepuasan kerja secara umum menyangkut persepsi seseorangmengenai pekerjaannya. Persepsi pegawai terhadap pekerjaan inilahyang seharusnya menjadi perhatian bagi para pemimpin suatu lembagakarena hal tersebut dapat berimplikasi terhadap berbagai variabelpenting lainnya terutama terkait dengan kemangkiran, kinerja OCB,perpindahan, dan produktivitas pegawai. Oleh karena itu, diperlukanupaya yang optimal agar mampu meningkatkan kepuasan kerjapegawai. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan optimalisasipemberian reward bagi pegawai. Reward dalam artian bukanlah yangdipahami secara umum yang hanya sebatas pengakuan baik secaraformal maupun tidak berupa pengakuan terhadap sesuatu yang telahdicapai oleh pegawai, baik yang sesuai harapan maupun yangmelebihi harapan atau target pencapaian kinerja pegawai. Melainkanreward yang sesuai dengan konsep para ahli manajemen, yaitu berupapemberian upah, promosi, bonus, serta jaminan sosial lainnya yangsesuai dengan harapan pegawai berdasarkan pencapaian yang telahdiraih. Di dalam artikel ini ditemukan berbagai hal yang bisadilakukan sebagai upaya mengoptimalkan pemberian reward dalammeningkatkan kepuasan kerja pegawai.Kata Kunci: Penghargaan (reward), kepuasan kerja (job satisfaction).