Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa pada semester ke enam Departemen Arab Bahasa Pendidikan Akademik 2012-2013 dalam memahami teks-teks Arab dengan penerapan teknik pembelajaran SQ4-R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan pendekatan kualitatif. Metode untuk mengumpulkan data yang: observasi, wawancara, portofolio, membaca tes pemahaman, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengurangi, menyajikan dan dengan menarik kesimpulan. Temuan penelitian: Penerapan dari SQ4-R mengalami modifikasi dengan penambahan tahap pembelajaran, yaitu tahap untuk menemukan kosakata dan makna dalam kamus yang terjadi pasca tahap survei. Melalui penelitian tindakan ini, SQ4-R telah diubah menjadi SVQ4-R. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan siswa di mana kemampuan awal mereka hanya mencapai pemahaman literal dengan kelas rata-rata 51 pada sebelum tindakan, 70,5 pada siklus 1, 79,68 pada siklus ke-2, dan 89,22 pada siklus ke-3. Nilai rata-rata pada pemahaman interpretatif, sebelum tindakan, tidak muncul, pada siklus 1, 68, pada tanggal 2 siklus 69,4, dan pada siklus ke-3, 75. Nilai rata-rata pada pemahaman kritis dan aplikasi, sebelum tindakan tidak muncul pada siklus 1, 67,3, pada siklus ke-2, 73,4, dan pada siklus ke-3, 81,09.Kata kunci: abilty dalam memahami teks bacaan, teknik pembelajaran SQ4-R dan penelitian tindakan.