Pengembangan Perangkat Penilaian Praktikum Fisika Dasar Bagi Mahasiswa MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perangkat penilaian praktikum fisika dasar yang komprehensip, valid dan realiabel pada mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain pengembangan instrumen yang digunakan adalah disain model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran/ penggunaan perangkat. Peserta ujicoba adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA IAIN Kendari angkatan 2016 yang keseluruhannya berjumlah 44 orang, dengan teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian praktikum fisika dasar yang komprehensip pada mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA IAIN Kendari yang dikembangkan berdasarkan hasil ujicoba dinyatakan memenuhi aspek validitas, dan reliabilitas yang baik.Kata kunci: Perangkat penilaian, Prinsip komprehensip