PERAN MANAJEMEN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH/MADRASAH

Abstract

Manajemen merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan di sekolah/madrasah yang dapat diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien. Manajemen yang baik ialah manajemen yang tidak jauh menyimpang dari konsep manajemen yang sudah ada. Dalam rangka inilah, sekolah/madrasah harus mempunyai manajemen untuk mengatur pendidikan dan pengajaran, merencanakan, mengorganisasi, mengawasi, mempertanggungjawabkan, mengatur serta memimpin sumberdaya daya-sumber daya insani serta barang-barang untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan madrasah/sekolah. Manajemen sekolah/madrasah juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik, guru-guru, serta kebutuhan masyarakat setempat. Untuk itu perlu dipahami fungsi- fungsi pokok manajemen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pembinaan. Jika fungsi pokok manajemen itu berjalan dengan baik, maka akan menghasilkan sebuah pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik dan juga lembaga. Management is a component that cannot be separated from the process of education as a whole in schools / madrasah who can be manifested optimally, effective and efficient.Management is good management not far deviate from the concept of management it already is.In order to this schools and madrasah should have management to set education and teaching, plan, organize, watch, for, set and lead resources daya-sumber power insani and goods to assist in the performance of learning consistent with the objectives of madrasah / school. Management schools and madrasah also a need to adapt to the needs and participant interest kids teachers, and needs of the local people.This needs to understood basic functions management, including planning, the implementation, supervision and training.If basic function management was good, so will produce a quality education for school tuition and also institutions.