KETIMPANGAN GENDER DALAM PENDIDIKAN

Abstract

Pendidikan yang dapat mencerdaskan bangsa adalah pendidikan yang terbebas dari unsur diskriminasi gender. Laki-laki dan perempuan, sama–sama berhak memperoleh pendidikan tinggi, sama-sama berhak mengabdikan ilmu yang telah diperolehnya untuk kebaikan manusia, baik dalam lingkungan rumah tangga maupun diluar rumah tangganya. Meskipun saat ini sudah banyak perempuan yang mengenyam pendidikan akan tetapi mereka tetap belum mendapatkan kesempatan sepenuhnya untuk mengembangkan kualitas diri mereka dengan cara meneruskan pendidikan mereka kejenjang yang lebih tinggi lagi, dikarenakan beberapa faktor yaitu : ekonomi, sosial, fasilitas pendidikan dan pembagian peranan menurut jenis kelamin. Dan ada pula beberapa ketimpangan yang terjadi dalam pendidikan yaitu: 1) kurikulum yang bias gender, 2) kebijakan sekolah yang diskriminatif, dan 3) stigmatisasi disiplin ilmu. Untuk mengembangkan masyarakat, ada beberapa prinsip yang harus ditumbuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan emansipatori : Pemerataan atau kesetaraan, berkelanjutan, produktifitas, dan pemberdayaan dari setiap individu. Adapun tujuan dari pendidikan berperspektif gender di antaranya: mempunyai akses yang sama dalam pendidikan, kewajiban yang sama, dan persamaan kedudukan dan peran. Jika ini dapat direalisasikan maka kita bisa mengurangi terjadinya ketimpangan-ketimpangan gender yang ada dalam pendidikan. Education can achieve the nation is free from gender discrimination element. Men and women are equally entitled to obtain higher education, are equally entitled to devote knowledge that has been gained for the benefit of man, both within the household and outside the household. Although it's been a lot of women who get an education but they still have not gotten a chance to fully develop the qualities themselves in a way to continue their education to a higher level again, due to several factors: economic, social, educational facilities and the distribution of roles according to the types of genitals. And there are also some inequality in education, namely: 1) gender-biased curriculum, 2) discriminatory school policy, and 3) the stigmatization of disciplines. To develop a community, there are several principles that must be grown in the administration of emancipatory education: Equity or equality, sustainability, productivity and empowerment of each individual. The purpose of education with a gender perspective include: equal access to education, the same obligations, and equality and roles. If this can be realized then we could reduce the gender inequalities that exist in education.