NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI DALAM AL-QUR’AN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pemahaman pendidikan multikultural yang ada di dalam al-Quran. Hal ini penting untuk dapat meredam berbagai persoalan yang sekarang dihadapi bangsa Indonesia. Seperti separatisme dan radikalisme, ketika tidak ada upaya pencegahan dari sejak dini akan membawa dampak negatif bagi masa depan dalam berbangsa dan bernegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian perpustakaan (library research) yang meneliti pesan teks dari al-Quran. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, di mana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, dibandingkan persamaan dan perbedaannya dengan fenomena tertentu yang diambil bentuk kesamaannya, serta menarik kesimpulan. Oleh karena itu, maka lebih tepat jika dianalisa menurut dan sesuai dengan isinya, atau menggunakan metode analisis isi, yang kemudian merefleksikan teks berupa pesan atau simbol- simbol tersebut dengan metodologi penafsiran untuk melakukan pembacaan hermeneutika tentang pemahaman pendidikan multikultural yang ada dalam al-Quran yang lebih menekankan aspek humanitas, toleransi, berbaik sangka dan keadilan diatas segala-galanya. Hasil penelitian ini menunjukkan: didalam al-Qur’an terdapat konsep pendidikan multikultural yang megajarkan sikap saling menghargai heterogenitas dan pluralitas antar sesama manusia, multikulturalisme yang terkandung didalam al-qur’an menganjurkan untuk menjunjung tinggi keragaman budaya, etnis, dan aliran agama. Dalam al-Qur’an perbedaan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari, dan merupakan sunnah Allah. Perbedaan laki-laki dan perempuan, perbedaan suku bangsa adalah realitas pluralitas yang harus dipandang secara positif dan optimis, perbedaan itu harus diterima sebagai kenyataan dan berbuat sebaik mungkin atas dasar kenyataan itu. Bahkan kita disuruh untuk menjadikan pluralitas tersebut sebagai instumen untuk menggapai kemulian di sisi Allah. Sehingga terdapat keselarasan antara nilai pesan teks yang disampaikan oleh al-Qur’an dengan multikulturalisme dalam pengembangan sikap saling menghargai heterogenitas dan pluralitas antar sesama manusia. This study aims to describe and analyze critically on understanding multicultural education that is in the Koran. It is important to be able to drown out the various problems now facing the nation Indonesia. Such as separatism and radicalism, when there is no prevention from early on will bring negative impact on the future of the nation. This study is a qualitative research, through the library research, which examined the text messages from the Koran. In conducting the analysis, the author uses descriptive method of analysis, where the materials are collected described, interpreted, compared similarities and differences with certain phenomena that take shape similarity, and draw conclusions. Therefore, it is more appropriate if analyzed according to and in accordance with its contents, or using content analysis method, which then reflects the text in the form of messages or symbols with the methodology of interpretation to do the reading hermeneutic understanding of multicultural education that exist in the Koran that more emphasis on the humanity, tolerance, kind thought and justice above everything. The results showed: In the Koran there is the concept of multicultural education that includes mutual respect of heterogeneity and plurality among humans, multiculturalism contained in the Qur'an advocate for upholding the diversity of cultures, ethnicities, and religions. In the Qur'an the difference is a matter that can not be avoided, and the sunnah of Allah. Differences in men and women, the difference ethnic plurality is a reality that must be viewed in a positive and optimistic, that difference must be accepted as fact and do their best on the basis of that fact. In fact we were told to make the plurality as instrument to reach the glory of Allah. So that there is harmony between the values of text messages delivered by the Qur'an with multiculturalism in the development of mutual respect of heterogeneity and plurality among humans.