GAMBARAN ADAPTABILITAS KARIR PADA SISWA DENGAN GANGGUAN LOW VISION

Abstract

ABSTRAK  Siswa dengan gangguan low vision tentu memiliki beberapa kesulitan di dalam kehidupan sehari-harinya, terutama untuk menjalankan aktivitas yang memerlukan fungsi mata seperti membaca dan menulis. Keterbatasan pada penglihatan inilah yang kemudian dapat menjadi masalah bagi siswa dalam beradaptasi dengan tugas dan tuntutan lingkungan sosial, tidak hanya saat ini tetapi juga dalam dunia karir kelak. Ditambah lagi tidak banyak pilihan karir yang dapat dijalani oleh siswa dengan gangguan low vision. Untuk menghadapi masalah-masalah ini, diperlukan adanya adaptabilitas karir, yaitu respon kesiapan dan sumber koping individu, yang digunakan untuk merencanakan, mengeksplorasi dan menginformasikan keputusan mengenai kemungkinan masa depan karir mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran adaptabilitas karir pada siswa dengan gangguan low vision dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang laki-laki berusia 20 tahun yang memiliki gangguan low vision dan tengah menempuh pendidikan tingkat sekolah menengah akhir di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek memiliki adaptabilitas karir baik yang dideskripsikan melalui 4 aspek yaitu kepedulian karir, pengendalian karir, keingintahuan karir, dan keyakinan karir. Faktor-faktor yang mempengaruhi adaptabilitas karir pada penelitian ini adalah usia, pengalaman kerja, keluarga dan social support, institusi pendidikan, serta status sosial ekonomi. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi adaptabilitas karir berdasarkan penelitian ini adalah pengalaman kerja.  Kata kunci: adaptabilitas karir, siswa, low vision. ABSTRACT Students with low vision certainly have some difficulty in their daily life, especially to do activities that require eyes functions such as reading and writing. This vision limitation can become a problem for student to adapt with the tasks and social environment demands, not only now but also in their future career. Furthermore not many career options that can be undertaken by students with low vision. To facing of these problems, they need for career adaptability, namely the preparedness response and individual coping resources, which are used to plan, explore and inform decisions about the possibility of their future career. The aim of this research is to determine the overview of career adaptability in student with low vision and the factors which is influence it. This research uses qualitative method with case study approach. The subject of this research is 20 year old man who had low vision problems and He is studying at the senior high school in Kapuas Regency, Central Kalimantan. Data collection techniques used in this research were semi structured interview and non participant observation. The results of this research indicated that the subject has a good career adaptability which described through 4 aspects specifically career concern, career control, career curiousity, and career confidence. The factors that affecting career adaptability in this research are age, work experience, family and social support, educational institutions, and socioeconomic status. The most dominant factor in influencing career adaptability based on this research is work experience. Keywords: career adaptability, student, low vision.