MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DITINJAU DARI PENERIMAAN ORANGTUA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerimaan orangtua memiliki peranan terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa. Subyek penelitian adalah 97 orang mahasiswa PS.Psikologi Fakultas Kedokteran Unlam. Instrumen penelitian menggunakan Skala Motivasi Berprestasi dan Skala Penerimaan Orangtua. Hasil penelitian melalui analisis regresi linier diketahui bahwa penerimaan orangtua memiliki peranan secara signifikan terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa, dimana setiap peningkatan 1 poin penerimaan orang tua akan meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa sebesar 0,664 poin. Sebanyak 42,3% mahasiswa memiliki motivasi berprestasi pada kategori sedang dengan 41,3% tingkat penerimaan orangtuanya juga berada pada kategori yang sama. Besarnya peranan penerimaan orangtua terhadap motivasi berprestasi mahasiswa memiliki sumbangan efektif sebesar 17,2%, sedangkan 82,8% lainnya kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi mahasiswa jika ditinjau dari penerimaan orangtua ternyata memiliki peranan yang signifikan, sehingga makin besar peran penerimaan orangtua maka akan makin tinggi pula tingkat motivasi berprestasi pada mahasiswa. Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Penerimaan Orangtua, Mahasiswa This study aim to determine the impact of parents acceptance to achievement motivation in students. Subjects were 97 students in Psychology Department, Faculty of Medicine, Lambung Mangkurat University. Measuring instruments used in this study are Achievement Motivation Scale and Parents Acceptance Scale. The results obtained through linear regression shown that the parental acceptance have significant impact to achievement motivation in student, which is every 1 point increase in parental acceptance will increase student achievement motivation by 0,664 points. I’ts known that 42,3% of students had achievement motivation rate in middle category with 4,3% parents acceptance rate also are in the same category . The effective contribution parents acceptance toward achievement motivation by 17,2%, while 82,8% are influenced by other factors wich’s not examined in this study. It can be concluded that student achievement motivation viewed from parents acceptance have a significant impact, so that the greater acceptance of the parents it will be higher the level of achievement motivation in students . Keywords : Achievement Motivation , Parents Acceptance, Students