SELF-COMPASSIONDAN STRES PENGASUHAN IBU YANG MEMILIKI ANAK DENGAN HAMBATAN KOGNITIF
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara self compassion dengan stress pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan hambatan kognitif. Self compassion atau mengasihi diri yang terdiri dari aspek self kindness, common humanity dan mindfulnessmenjadi modal bagi seseorang untuk mengatasi emosi negatif sehingga dapat melahirkan upaya yang positif dalam menghadapi stresor termasuk dalam stresor dalam pengasuhan terhadap anak yang memiliki hambatan kognitif. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan negatif antara self compassion dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan hambatan kognitif. Sebanyak 65 ibu dengan anak hambatan kognitif usia sekolah dasar (SD) dipilih secara simpel random di SLB X. Skala self compassion (26 item, α = .89) dan skala stress pengasuhan ibu (35 item, α = .92) digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil analisis regresi menunjukkan r = -.503(p< .05), yang berarti bahwa terdapat hubungan antara self compassion dengan stres pengasuhan ibu. Self compassion memberikan sumbangan efektif sebesar 25.3% terhadap stress pengasuhan ibu, sedangkan 74.7% dipengaruhi oleh variabel selain self compassion yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Self Compassion, Stres Pengasuhan, Hambatan Kognitif ABSTRACT This study aims to test empirically the relationship between self-compassion with parenting stress in mothers of children with intellectual/ cogniitive disability (ID). Self compassion consistingthree aspects there are self-kindness, common humanity and mindfulness become a capital for a person to overcome negative emotions that can generate positive efforts in facingparental stressor especially parental for children with ID. The hypothesis was negative relationship between self-compassion and parenting stress in mothers of children with ID. A sixty-five (65) mothers with ID’s children of primary school age in Special school (SLB) X were selected by simple random. self-compassion scale (26 items, α = .89) and maternal parenting stress scale (35 items, α = .92) were used as an instrument for collecting data. The result showed R value = -.503 (p <.05), which means that there was a relationship between self-compassion and parental stress among mothers of ID’s children. Self compassion contributedeffectively amount 25.3% towardmaternal stress, while 74.7% was influenced by others. Keywords : self compassion, parental stress, cognitive/ intellectual disability (ID)