KECURANGAN AKADEMIK DITINJAU DARI PENGELOLAAN KELAS GURU
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengelolaan kelas guru memiliki peranan terhadap kecurangan akademik pada siswa. Subyek penelitian adalah 40 orang siswa SMA PGRI 2 Banjarmasin. Instrumen penelitian menggunakan Skala Kecurangan Akademik dan Angket Tertutup Pengelolaan Kelas. Hasil penelitian melalui analisis regresi linier diketahui bahwa pengelolaan kelas memiliki peranan yang signifikan terhadap kecurangan akademik, peranan tersebut bersifat positif sehingga setiap peningkatan 1 poin pengelolaan kelas akan meningkatkan kecurangan akademik sebesar 0,903 poin. Besarnya peranan pengelolaan kelas guru terhadap kecurangan akademik memiliki sumbangan efektif sebanyak 18,3%, sedangkan 81,7% lainnya kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa kecurangan akademik siswa jika ditinjau dari pengelolaan kelas guru ternyata memiliki peranan yang signifikan, meskipun arah hubungannya kurang memenuhi asumsi penelitian, hal ini dapat dijelaskan karena kecurangan akademik merupakan variabel yang kompleks, sehingga meskipun pengelolaan kelas yang dilakukan guru sangat baik mungkin saja ada faktor lain yang lebih besar dalam mempengaruhi perilaku kecurangan seperti halnya karakteristik siswa itu sendiri, sikap terhadap kecurangan, variabel kepribadian, maupun faktor situasional. Kata Kunci : Kecurangan Akademik, Pengelolaan Kelas Guru, Siswa This study aim to determine the impact of teacher’s classroom management to academic cheating in students. Subjects were 40 students SMA PGRI 2 Banjarmasin. Measuring instruments used in this study are Academic Cheating Scale and Close Questionnaire Classroom Management. The results obtained through linear regression shown that the teacher’s classroom management have positive significant impact to academic cheating, which is every 1 point increase in teacher’s classroom management will increase student academic cheating by 0,903 points. The effective contribution teacher’s classroom management toward academic cheating by 18,3%, while 81,7% are influenced by other factors wich’s not examined in this study. It can be concluded that student academic cheating viewed from teacher’s classroom management have a significant impact, although the directions do not match as the assumptions of research, this can be explained because the academic cheating is a complex variable, so that although the management of classroom teachers do very well there may be other factors greater influence cheating behavior as well as the characteristics of the students themselves, the attitude towards fraud, personality variables, or situational factors. Keywords : Academic Cheating , Teacher’s Classroom Management, Students