PERBEDAAN PERILAKU MEMBUANG SAMPAH PADA SISWA ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN LIVE AND SYMBOLIC MODELING

Abstract

ABSTRAK Perilaku membuang sampah merupakan aktivitas fisik individu yang terlihat jelas sebagai suatu hasil pembiasaan yang dibentuk oleh lingkungan. Salah satu cara agar dapat membentuk perilaku kebiasaan dalam perilaku membuang sampah pada tempatnya dan sesuai warna tempat sampah adalah dengan menggunakan teknik modeling. Modeling merupakan cara pembelajaran individu dengan mempelajari dan mengamati langsung saat model berperilaku serta dapat menggunakan simbol-simbol yang mewakili informasi sebagai media modeling. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku membuang sampah pada siswa kelas V antara sebelum dan sesudah diberikan live and symbolic modeling oleh guru. Hipotesis yang diajukan penelitian ini adalah ada perbedaan perilaku membuang sampah pada siswa antara sebelum dan sesudah diberikan live and symbolic modeling oleh guru. Subjek pada penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku membuang sampah. Hasil perhitungan observasi saat pre-test sebesar 33.3%, sedangkan hasil perhitungan observasi saat post-test sebesar 86,7%. Dengan didukung dengan hasil uji t berpasangan menemukan perbedaan perilaku membuang sampah antara sebelum dan sesudah diberikan live and symbolic modeling. Sehingga sumbangan efektif perlakuan live and symbolic modeling untuk perilaku membuang sampah cukup berarti dengan hasil setelah perlakuan sebesar 86,7%, Sedangkan 13,3% lainnya merupakan variable-variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan live and symbolic modeling memberikan peningkatan pada perilaku siswa dalam membuang sampah pada tempatnya dan sesuai warna tempat sampah.Kata kunci: perilaku membuang sampah, live and symbolic modeling, siswa sekolah dasar, guru. ABSTRACT Littering behavior is an individual physical activity which is a result of habituation developed by environment. One of the ways to develop the habitual behavior in throwing litter into the proper places and the corresponding bin colors is by applying the modeling technique. Modeling is an individual’s learning way through studying and direct observing the current behavior of others and using symbols that represent information as a modeling medium. The objective of this study was to find out the differences in littering behavior of class V students between before and after provided with live and symbolic modeling by the teacher. The proposed hypothesis was that there were differences in littering behavior of class V students between before and after provided with  live and symbolic modeling by the teacher. The subjects were 20 people. The sampling technique used in this study was saturated sampling technique. Data were collected using the scale of littering behavior. The calculation result of the observation in pre-test was 33.3% while in post-test 86.7%. The results of the paired t test showed that there were differences in littering behavior between before and after the students were provided with live and symbolic modeling. The effective contribution of live and symbolic modeling treatment to the littering behavior was significant where the outcome after the treatment was 86.7% while 13.3% was from other variables not examined in this study. It can be concluded that live and symbolic modeling improved student behavior in throwing litter into the proper places and the corresponding bin colors. Keywords: littering behavior, live and symbolic modeling, elementary school students, teachers.