EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN PSIKOLOGI DENGAN METODE APPRECIATIVE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian pendampingan psikologi dengan metode appreciative inquiry untuk meningkatkan kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah narapidana wanitan di Lapas Klas II A Anak Martapura sebanyak 22 orang dengan menggunakan tehnik purposive sampling, kemudian dilakukan randomisasi sehingga diraih 11 orang pada kelompok eksperimen dan 11 orang pada kelompok kontrol. Instrument yang digunakan adalah Skala Kepercayaan Diri, Checklist Kepercayaan Diri dan Modul Appreciative Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai kepercayaan diri pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebesar 2,092, yang berarti pendampingan psikologi dengan metode appreciative inquiry dapat meningkatkan kepercayaan diri narapidana wanita di Lapas Klas II A Anak Martapura. Kata kunci: Pendampingan Psikologi, Appreciative Inquiry, Kepercayaan Diri   ABSTRACT The purpose of this study was to find out the effectiveness of psychological assistance with appreciative inquiry method to increase self-confidence, The method was an experimental study with pretest-posttest control group design. Subjects were 22 female inmates for drug cases in the Martapura Children’s Penitentiary Class II-A, divided into two groups of 11 persons in experimental group and the other 11 in control group. The instruments were self-confidence scale, self-confidence checklist and appreciative inquiry module. It showed that there was difference in the average value of the self-confidence between the experimental group and the control group, which meant that the psychological assistance with appreciative inquiry method was effective to increase self-confidence in female inmates in the Martapura Children’s Penitentiary Class II-A.  Keywords: Psychological Assistance, Self-Confidence, Appreciative Inquiry