URGENSI PSIKOLOGI AGAMA DALAM PENDIDIKAN (KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT)

Abstract

Psikologi agama menggunakan dua kata yaitu psikologi danagama. Kedua kata ini memiliki pengertian yang berbeda.Psikologi secara umum diartikan sebagai ilmu yangmempelajari gejala jiwa manusia yang normal, dewasa danberadab. psikologi sekarang dipergunakan secara umumuntuk ilmu tentang tingkah laku dan pengalaman manusia.Psikologi agama meneliti pengaruh agama terhadap sikapdan tingkah laku orang atau mekanisne yang bekerja dalamdiri seseorang, karena cara seseorang berpikir, bersikap,bereaksi dan bertingkah laku tidak dapat dipisahkan darikeyakinannya, karena keyakinan itu masuk dalam kostruksipribadi. Banyaknya pengaruh psikologi agama dalam duniapendidikan, baik itu pendidikan dalam keluarga (in formal),pendidikan sekolah (formal) dan pendidikan dalammasyarakat (non formal). Education (pendidikan) dan jiwakeagamaaan sangat terkait, karena pendidikan tanpa agamaibaratnya bagi manusia akan pincang. Sedang jiwakeagamaan yang tanpa melalui manajemen pendidikan yangbaik, maka juga akan percuma. Pendidikan dinilai memilikiperan penting dalam upaya menanamkan rasa keagamaanpada seseorang. Umat islam akan lebih memahami danterinternalisasi esensi rasa agama itu sendiri.