PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 5 MADIUN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 5 Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 siswa kelas X Ak SMK Negeri 5 Madiun. Penulis menggunakan teknik proporsional sampling dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 84 siswa yang diambil secara acak dari 3 kelas dengan proporsi masing-masing kelas diwakili oleh 28 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yaitu nilai siswa selama mengikuti pembelajaran. Metode analisis data menggunakan multiple regression. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas secara signifikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Keterampilan pengelolaan kelas memiliki pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa