PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SMK PGRI WONOASRI

Abstract

Efektivitas kerja guru sangat diperlukan dalam organisasai sekolah karena yang menentukan kualitas sekolah tersebut adalah keberhasilan dari kerja guru. Bila seorang guru dapat bekerja dengan efektif berarti guru tersebut dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu  serta dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi saat bekerja. Dengan adanya efektivitas kerja guru yang baik maka semua rencana yang telah dibuat sebelumnya akan dapat terlaksana sepenuhnya. Efektivitas kerja ini dapat ditunjang dengan dua hal yaitu komunikasi internal yang berjalan dengan baik dan kepala sekolah sebagai manajer dalam lingkup sekolah mampu memimpin organisasai sekolah tersebut dengan baik pula. Jadi peningkatan efektivitas kerja para guru dapat dipengaruhi oleh komunikasi internal dan kualitas kepemimpinan dari kepala sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi internal terhadap efektivitas kerja guru di SMK PGRI Wonoasri. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis hubungan kausal yang merupakan hubungan sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 responden yang merupakan guru di SMK PGRI Wonoasri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh sehingga semua populasi guru sejumlah 47 orang menjadi sampel penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi linier bergandaHasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh secara parsial kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru SMK PGRI Wonoasri, 2) ada pengaruh secara parsial  komunikasi internal terhadap Efektivitas Kerja Guru SMK PGRI Wonoasri, 3) Ada Pengaruh secara simultan kepemimpinan Kepala Sekolah dan komunikasi internal terhadap efektivitas kerja guru SMK PGRI Wonoasri