RANCANG BANGUN MEDIA PELAYANAN UMUM DESK INFO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PENGADILAN TINGGI AGAMA PEKANBARU)

Abstract

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru adalah Instansi yang bergerak dibidang pelayanan yang memerlukan dan memberikan pelayanan yang baik, cepat dan akurat, namun yang terjadi adalah pelayanan permohonan informasi di PTA Pekanbaru sangat kurang memuaskan dikarenakan tidak dilakukannya pendataan secara rutin sehingga tidak diketahui bagaimana peningkatan dari kinerja seperti kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini menjadi masalah karena pihak Mahkamah Agung sewaktu-waktu akan melakukan penilaian. Selain itu PA sewilayah hukum PTA Pekanbaru kesulitan dalam melaporkan jumlah pengunjung informasi setiap bulan dan tahunnya dan sering terjadinya keterlambatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan solusi berbentuk Aplikasi Desk Info berbasis Web yang menunjang kinerja dan pelayanan pada PTA Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam membangun Desk Info yaitu metode Prototype, dan menggunakan tools UML (Unified Modelling Languange) yang merupakan tools dari metode perancangan berbasis objek, yaitu OOAD (Object Oriented Analysis Design). Dengan adanya Aplikasi Desk Info ini dapat meningkatkan kinerja terhadap pelayanan pada PTA Pekanbaru, membantu meringankan pekerjaan Petugas Meja Informasi, dan membantu PA Selat Panjang, PA Pangkalan Kerinci dan PA Tembilahan untuk memberikan laporan meja informasi kepada PTA Pekanbaru.