Analisis Hasil Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori pada Apotek
Abstract
Penggalian data atau data mining adalah suatu metode yang digunakan untuk mencari dan menggali data tertentu yang tersembunyi dari sebuah data yang besar. Sebagai contoh, data mining dapat digunakan untuk mencari informasi kombinasi item dalam suatu penjualan, memprediksi tingkat kelulusan, menentukan penerima beasiswa, dll. Data mining sangat berguna bagi suatu lembaga atau perusahaan yang ingin melakukan analisa terhadap data yang besar. Dengan menggunakan data mining, perusahaan akan mampu menganalisa secara tepat, cepat dan akurat dibandingkan dengan menganalisa secara manual.Apotek merupakan salah satu perusahaan yang bisa memanfaatkan metode data mining ini, karena di apotek transaksi penjualan berlangsung setiap harisehingga semakin lama data penjualan yang tersimpan sangatlah besar.Salah satu pemanfaatan data mining di Apotek adalah untuk menentukan kombinasi item yang paling sering dibeli oleh konsumen. Untuk dapat menentukan kombinasi item yang paling sering dibeli oleh konsumen bisa menggunakan salah satu metode data mining, yaitu metode assosiasi dengan algoritma apriori. Dengan algoritma apriori akan memudahkan pihak apotek untuk mencari kombinasi item penjualan. Hasil dari analisa ini dapat digunakan oleh apotek untuk strategi pemasaran, promosi produk dll. Kata kunci—Penjualan Obat, Data mining, Association Rules, Apriori