Pengelompokkan Kelas Menggunakan Self Organizing Map Neural Network pada SMK N 1 Depok
Abstract
Dalam mengembangkan kegiatan belajar di sekolah terutama di dalam kelas agar terciptanya suasana yang nyaman sehingga dapat pula memacu perkembangan siswa dalam belajar agar dapat meningkatkan kualiatas pendidikan di Indonesia perlu adanya suatu pengaturan siswa dalam sebuah kelas. Pada penelitian ini ANN digunakan untuk membangun sebuah model pengelompokkan siswa dalam sebuah kelas secara mudah berdasarkan nilai raport siswa menggunakan metode alogritma Self Organizing Map (SOM). Berdasarkan uraian yang telah peneliti paparkan, maka dalam penelitian ini peneliti akan membuat aplikasi Pengelompokkan Kelas Menggunakan Self Organizing Map Neural Network Pada SMK Negeri 1 Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun model pengelompokan kelas secara mudah. Penelitian ini melakukan penentuan klasifikasi kelas berdasarkan nomor induk siswa, nilai mata pelajaran siswa, jenis kelamin dan nilai sikap siswa menggunakan algoritma Self Organizing Map. Data siswa dimasukan kedalam sistem kemudian dilakukan klasifikasi kelas berdasarkan nilai-nilai siswa yang baik dan kurang baik menggunakan SOM, selanjutnya pemerataan hasil klasifikasi agar setiap kelas mendapatkan hasil yang merata dari nilai siswa tersebut. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan klasifikasi menggunakan SOM yaitu pengelompokan siswa yang merata dan dibagi kedalam dua kelas Kata kunci— Cluster, Self-Organizing Map, Neural Network, Kelas, Kelompok Belajar