Komparasi Metode Simple Additive Weighting dan Profile Matching pada Pemilihan Mitra Jasa Pengiriman Barang
Abstract
Toko Bedjo Auto Accesoris merupakan badan usaha yang berkembang dibidang retail accesoris mobil baik secara konvensional maupun online. Pengiriman barang adalah rutinitas yang dilakukan dalam bisnis ini. Sehingga pemilihan mitra jasa pengiriman barang selalu dilakukan pihak manajemen secara berkelanjutan, agar kepuasan pelanggan terjaga. Penelitian sebelumnya telah di implementasikan metode SAW untuk mendukung keputusan pemilihan mitra jasa transportasi ini. Dalam pengembangannya penulis melakukan komparasi dengan metode Profile Matching dalam menentukan mitra jasa pengiriman barang, menggunakan data dan penilaian yang sama. Hasil komparasi dari kedua metode diatas adalah menghasilkan alternatif terpilih yang sama, sehingga kedua metode tersebut dapat diterapkan untuk membantu pengambilan keputusan pihak manajemenKata kunci— Sistem Pendukung Keputusan, Metode Simple Additive Weighting, Metode Profile Matching, Komparasi, Mitra Jasa Pengiriman Barang