PELATIHAN KEBERSYUKURAN; SEBUAH UPAYA UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA
Abstract
Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu sumber penyebab kecemasan pada siswa. Hasil asesmen di SMAN Y Yogyakarta diketahui 29% siswa kelas XII memiliki kecemasan menghadapi Ujian Nasional yang tinggi. Perasaan cemas ini mempengaruhi performansi siswa dalam menghadapi UN. Penelitian ini mengembangkan Pelatihan Kebersyukuran sebagai alternatif pemecahan masalah kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII. Disain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Untreated Control Group Design With Pretest And Posttest Sample. Analisis data kuantitatif dilakukan melalui uji statistik mixed anova untuk mengetahui efek Pelatihan kebersyukuran terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol antara sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil penelitian adalah pelatihan kebersyukuran dapat menurunkan kecemasan menghadapi UN pada siswa SMA. Kata kunci: Pelatihan Kebersyukuran, Kecemasan, Ujian Nasional, Siswa.