KARAKTERISTIK DAN JENIS KESULITAN BELAJAR ANAK SLOW LEARNER

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah mereka yang terhambat secara fisik, kognitif, dan sosial dalam mengembangkan potensinya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kesulitan belajar anak slow learner. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 33 responden, proporsi yang paling banyak mengalami slow learner adalah pada kelompok umur 15-16 tahun (51,5%), jenis kelamin laki-laki (66,7%), pekerjaan ayah adalah  Buruh (57,6 %),  pendidikan ayah adalah SMP( 39,4 %)  dan pendidikan ibu yaitu SMP (45,5% dan memiliki saudara berjumlah 2 orang (66,7  %). Jenis gangguan yang ditemukan pada anak yaitu rendahnya kemampuan pemahaman (66,7 %). Lambat dalam mengerjakan tugas akademik (66,7%), Prestasi belajar yang sangat rendah (66,7 %), sedangkan anak yang naik kelas (75,7) dan yang tidak naik kelas (24,3%). Kata Kunci : anak berkebutuhan khusus, slow learner, karakteristik, kesulitan belajar