EXPERIENTIAL LEARNINGDALAM KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MAHASISWA TADRIS BAHASA INDONESIA FITK IAIN SURAKARTA

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode experiental learningdalam apresiasi puisi, serta kemampuan apresiasi puisi mahasiswa di Tadris Bahasa Indonesia (TBI) IAIN FITK Surakarta. Metode experiental learningadalah metode belajar mengajar yang memungkinkan peserta didik untuk membangun pengetahuan dan keterampilan, nilai, dan sikap melalui pengalaman langsung. Oleh karena itu, metode ini akan bermakna saat mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan. Setelah itu, mereka dapat melihat aktivitas kritisnya, kemudian mereka mendapatkan pemahaman dan transfer dalam bentuk lisan atau tulisan sesuai dengan tujuan belajar. Dalam hal ini, metode experiential learning menggunakan pengalaman sebagai katalisator untuk membantu mahasiswa mengembangkan kapasitas dan kemampuannya dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan pengujian. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 E (Experiencing, Enquiring, dan Examining). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode experiental learning mampu menerapkan pengalaman mahasiswa sebagai dasar untuk mengapresiasi puisi, serta tingkat apresiasi puisi yang dilakukan mahasiswa lebih baik, melalui pengalaman mereka dapat menerapkan metode experiential learning.