PEMETAAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN 2013 MATA PELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH ALIYAH Abstrak DI KOTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa ujian akhir lebih difokuskan pada aspek kelulusan dan pencitraan satuan pendidikan. Padahal sebagaimana tercantum dalam PP no.19 Tahun 2005, fungsi ujian nasional yang pertama adalah untuk pemetaan pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Sayangnya pemetaan ini dapat dikatakan belum dilakukan, khususnya untuk madrasah. Oleh karena itu rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana peta distribusi hasil ujian nasional 2013mata pelajaran matematika untuk Madrasah Aliyahdi Kota Semarang berdasarkan daya serap dari materi yang diujikan dengan memperhatikan faktor status dantingkat akreditasi madrasah. Penelitian dilakukan dengan metode survei.Data yang berupa hasil ujian nasional 2013Madrasah Aliyah se-Kota Semarang diambil dengan teknik dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis deskriptif kuantitatif, independent sample t test dan ANOVA.