STRATEGI PENGEMBANGAN SCIENCE GENERIC SKILLS (SGS) CALON GURU FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM
Abstract
Beberapa hasil penelitian menunjukkan masih renda- hnya keterampilan generik lulusan perguruan tinggi, sep- erti keterampilan berkomunikasi, bekerjasama, motivasi, inisiatif, kreativitas, dan kemampuan berpikir logis, siste- matis dan komprehensif. Kondisi ini ternyata juga terjadi di LPTK yang notabene sebagai produsen guru.Dalam tulisan ini akan dipaparkan bagaimana strategi pengembangan Science Generic Skills mahasiswa melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada mata kuliah praktikum.Sebagai sebuah model pembelajaran kooperatif, pener- apan Group Investigation pada mata kuliah praktikum dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan Keterampilan Generik Sains calon guru. Adapun strategi penerapannya dapat dilakukan dengan melibatkan mahasiswa sejak per- encanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi praktikum me- lalui tahap-tahap dalam model Group Investigation, yang meliputi: 1) mengidentifikasi topik dan membagi siswa ke dalam kelompok, 2) merencanakan tugas, 3) membuat penyelidikan, 4) mempersiapkan tugas akhir (analisis dan sintesis), 5) mempresentasikan tugas akhir, dan 6) evaluasi.