PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN WALISONGO SEMARANG
Abstract
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester I Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang Tahun Akademik 2014/2015 yang berjumlah 97 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah angket dengan skala likert (empat pilihan). Data angket yang berbentuk ordinal dianalisis menggunakan Mann-Whitney-U-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Sig. (1-tailed) adalah 0.332 yang lebih besar dari 0.05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar matematika.