AURORA 3D PRESENTATION DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMPN 24 BANJARMASIN

Abstract

Software Aurora 3D Presentation yang merupakan media pembelajaran interaktif yang diadaptasi dari software sebelumnya yaitu Microsoft Power Point. Hanya saja, Aurora 3D Presentation menyajikan kemudahan dalam penggunaan animasi presentasi baik dua atau tiga dimensi. Aurora 3D Presentation dipilih dikarenakan software yang berbasis presenatsi dan tidak terlalu mengurangi peranan guru dalam proses pembelajaran, selain itu software ini memiliki fitur-fitur tiga dimensi yang mudah digunakan serta mendukung materi yang akan diajarkan atau diteliti yaitu bangun ruang sisi lengkung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Aurora 3D Presentation dan model pembelajaran konvensional pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian kali ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas IX.A, IX.B, IX.C, IX.D, IX.E, dan IX.B SMPN 24 Banjarmasin yang dibagi menjadi dua kelompok atau dua kelas. Yaitu kelas eksperimen (kelompok uji coba) dan kelas kontrol (kelompok kendali) yang ditentukan melalui teknik Sample Random Sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen adalah kelas IX.C dan kelas kontrol adalah kelas IX.A. Pada kedua kelas tersebut akan diberikan tes kemampuan awal, pre test, dan post test.Berdasarkan uji t pada hasil belajar siswa melalui post test, diperoleh harga thitung = 2.185dan ttabel = 2.000. Karena -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, kemudian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Aurora 3D Presentation dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMPN 24 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015.