HUBUNGAN INTELEGENSI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 68 PEKANBARU
Abstract
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik seseorang. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi akademik seseorang adalah intelegensi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahadahubungan antara intelegensi dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan regresi sederhana. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru yang terdiri dari 15 perempuan dan 18 laki-laki. Data penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data intelegensi dan data hasil rapor terakhir nilai matematika siswa pada semester ganjil dan genap tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intelegensi dengan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan semakin tinggi intelegensi yang diberikan maka akan semakin tinggi hasil belajar matematika.