MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS V TUNARUNGU SDLB NEGERI SUNGAI PARING MARTAPURA

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan mempunyai peranan sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun sering dianggap oleh siswa sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami penerapannya, baik teori maupun konsep-konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDLBN Sungai Paring Martapura dalam pembelajaran pecahan menggunakan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual, (2) hasil belajar siswa kelas V SDLBN Sungai Paring dalam pembelajaran pecahan menggunakan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual, dan (3) partisipasi siswa kelas V SDLBN Sungai Paring terhadap penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran pecahan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SDLBN Sungai Paring Martapura tahun pelajaran 2015-2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDLBN Sungai Paring dengan jumlah 5 siswa dengan objek penelitian adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual pada pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kategori baik sekali, (2) penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori baik sekali, dan (3) partisisipasi siswa baik terhadap penggunaan model quantum teaching dengan pendekatan kontekstual.