MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI KELAS IX B SMPN 3 PARINGIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi barisan dan deret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika khususnya pada materi barisan dan deret melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B SMPN 3 Paringin yang terdiri dari 16 siswa. Instumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes tertulis.Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa mencapai kreteria aktif dari siklus 1 ke siklus 2 dengan kenaikan rata-rata tiap asfek sebesar 14,4% (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dengan ketuntasan individual dari 9 siswa menjadi 14 siswa dan ketuntasan klasikal dari 56 % menjadi 88% dengan kenaikan sebesar 32%. Hal ini berarti dengan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.