KREATIVITAS GURU MATEMATIKA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTSN MODEL MARTAPURA

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang melibatkan anak-anak sebagai salah satu komponen dasarnya, dimana dalam pembelajaran tersebut menuntut kreativitas guru mata pelajaran matematika dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak. Sehingga penting untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru pada mata pelajaran matematika.                   Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar matematika di kelas VIII  dan objek adalah kreativitas guru dalam pembelajaran matematika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kreativitas guru dalam perencanaan pembelajaran, guru selalu merevisi RPP jika ada hal-hal yang kurang sesuai untuk dilaksanakan. Adapun pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan kegiatan pendahuluan dimana guru memasuki kelas tepat waktu,  menggunakan aplikasi pada handphone (HP) untuk mengabsen siswa, membahas PR dan melakukan pre test secara lisan. Adapun kreativitas dalam kegiatan inti yaitu guru menggunakan powerpoint untuk menyampaikan materi, wondershare quizcreator untuk latihan soal, menyelipkan humor, menayangkan video motivasi, dan memutar musik instrumental pada saat siswa mengerjakan latihan soal. Sedangkan kreativitas guru dalam kegiatan penutup, guru mengadakan post test, merangkum materi yang telah dipelajari bersama siswa, memberikan pekerjaan rumah, dan meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya yang bersumber dari edukasinet. Evaluasi pembelajaran terdiri dari evaluasi kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Adapun untuk evaluasi hasil belajar, guru mengadakan pre test pada kegiatan pendahuluan, latihan-latihan soal pada kegiatan inti, dan post test pada kegiatan penutup. Untuk penilaian selama proses pembelajaran, guru menggunakan format penilaian pada aplikasi di handphone.