Potret Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI Madrasah Aliyah
Abstract
The practice of Islamic learning education (PAI) in madrasah aliyah (MA) is expected to become holistic, systematic, integrated, and capable in combining cognitive, affective, and psychometric objectives. The educational process is to create students with strong faith, high moral fiber, polite personality, dedicated, humble, possessing a holistic intellectuality, individually and socially religious, emotionally mature, and modest. This research exists to identify the teaching implementation of Islam education in MA. Specifically, this paper is to distinguish the development level of success in teaching PAI in MA. The result of this research indicates that the level of MA students in achieving cognitive learning in PAI is relatively well with the score of 78 to 80. The achievement from the psychometric level is measured by 3 well-behave aspects inevitably by the religious practices, however, there are still 2 among the students which still need guidance. Based on the affective aspect, five of the PAI issue studies are still considered unsuccessful. Factors that applies the success of PAI teachings include; the quality of the madrasah, behavior of the teachers, routine of the host families, and so on. Praktik pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah (MA) seharusnya dilakukan secara holistik, sistematis dan integral, serta mampu memadukan target capaian kognitif, afektif dan psikomotorik.Proses pendidikan agama di madrasah diharapkan mampu melahirkan peserta didik yang beriman dan bertakwa, bermoral tinggi, berkepribadian yang sopan, ramah, bermartabat, berakhlak mulia, serta memiliki intelektualitas yang tinggi secara holistik, saleh di ranah individual dan sosial, dewasa secara emosional, serta santun secara sosial. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di MA. Secara khusus penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan PAI di MA dan faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pembelajaran PAI di MA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil capaian kognitif siswa MA dalam pembelajaran PAI relatif sudah cukup baik dengan nilai 78 sampai 80. Hasil capaian aspek psikomotorik diukur dari 3 aspek perilaku juga cukup baik, terutama dalam ritual ibadah keagamaan, namun pada 2 aspek perilaku siswa laianya masih perlu perbaikan. Pada hasil capaian aspek afektif dilihat dari lima rumpun bidang isu pelajaran PAI masih kurang berhasil. Beberapa faktor ikut mempengaruhi tingkat keberhasilan pembelajaran PAI di MA, seperti kualitas madrasah, sikap keagamaan guru, pola asuh orang tua, dan sebagainya.