Proses Kebijakan Pendidikan Gratis Pasca Pemilihan Kepala Daerah Langsung di Kabupaten Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji lebih mendalam tentang proses kebijakan pendidikan gratis pasca pemilihan kepala daerah langsung (pemilukada) di kabupaten banyuwangi meliputi penyelenggaraan kebijakan pendidikan gratis pemerintah kabupaten banyuwangi dalam tahapan formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan. berdasarkan karakteristik tujuan penelitian yang ingin dicapai, maka pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. penelitian ini menghasilkan beberapa temuan: dilihat dari efektifitas kebijakan public, maka pada tahapan formulasi kebijakan, pengambil keputusan berorientasi pada policy initiation dimana pemecahan masalah publik menekankan pada interest actor pengambil kebijakan yang jangkauannya lebih pendek. sehingga memunculkan fragmentasi antar lembaga eksekutif dan legislatif. selain itu, kemampuan aparatur pemerintah kabupaten dalam hal ini dinas pendidikan sebagai pelaksana kebijakan, belum efektif karena lemahnya sdm dan struktur organisasi penyelenggara kebijakan yang sempit sehingga komunikasi antar pelaksana program terdistorsi.