STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG RELIGIUS DI SMAN 3 BANDUNG

Abstract

AbstractReligious education is intended to realize the Indonesian human resources that are faithful and devoted to God the Almighty and have the advantage of noble morality which is a necessity in education and learning. To achieve such a lofty goal, it would require a variety of efforts or learning strategies, one of which is a Islamic Education study (PAI), as an attempt to create a religiousschool environment. The study was conducted at SMAN 3 Bandung, with the aim of describing: 1) Perception of the principal on PAI, 2) perceptions of students about PAI, and 3) Strategies of PAI in creating a religious school environment. The study result shows that the principal holds very positive view on PAI, which is manifested in the form of policy towards the implementation of PAI learning in intra-curricular and extracurricular activities. One of PAI learning strategies adopted is to integrate extracurricular activities (mentoring) and PAI in a program called the MT-PAI (Integrated Mentoring Islamic Education). The activity works well because of the positive student perceptions on PAI that PAI is quite interesting and easy to learn and the material is easy to be practiced in everyday life. AbstrakPembelajaran pendidikan agama dimaksudkan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki keunggulan akhlakul karimah, ini merupakan suatu keniscayaan dalam pendidikan dan pembelajaran. Untuk mewujudkan tujuan yang mulia tersebut, maka diperlukan berbagai upaya ataupun strategi pembelajaran, salah satunya adalah strategi pembelajaran Pendidikan Agam Islam (PAI), sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang religius. Penelitian dilakukan di SMA N 3 Bandung, dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Persepsi pimpinan sekolah tentang PAI, 2) persepsi siswa tentang PAI, dan 3) Strategi PAI dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang religius. Hasil dari penelitian adalah, bahwa pimpinan (kepala sekolah) berpandangan sangat positif terhadap PAI, yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan terhadap penyelenggaraan pembelajaran PAI dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satu strategi pembelajaran PAI yang diterapkan adalah dengan mengintegrasikan antara kegiatan ekstrakurikuler (mentoring) dengan mata pelajaran PAI yang disebut dengan MT-PAI (Mentoring Terintegrasi Pendidikan Agama Islam). Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, karena diimbangi persepsi siswa yang positif terhadap PAI, bahwa PAI cukup menarik dan mudah untuk dipelajari, dan materinya mudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.