PENGARUH AKTIVITAS MEDIA TWITTER BRI SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH BRI SYARIAH
Abstract
ABSTRAKBRI Syariah merupakan salah satu akun twitter resmi BRI Syariah yang telah menjaring sekitar 68.208 followers dan memiliki jumlah tweet terbanyak di antara akun bank syariah lainnya sebanyak 32.538 tweets. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh pengelola media sosial twitter @BRISyariah serta bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan para nasabahnya.Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada 30 nasabah BRI Syariah yang menjadi followers akun @BRISyariah dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian dilakukan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert dan analisis regresi logistik.Berdasarkan analisis data yang dilakukan, variabel reliability tidak dapat dilakukan analisis regresi logistik dikarenakan semua jawaban responden hanya pada satu kategori saja. Tiga variabel sisanya, yaitu responsiveness, assurance dan empathy memiliki kontribusi dalam meningkatkan kepuasan nasabah BRI Syariah. Pada variabel tersebut, variabel empathy memiliki nilai odds ratio lebih besar dibandingkan dengan variabel lainnya, yaitu sebesar 2,667. Empathy sendiri merupakan perhatian secara individual yang diberikan oleh akun @BRISyariah terhadap nasabah BRI Syariah yang aktif di situs jejaring sosial twitter.Kata kunci :Media sosial,Twitter, BRI Syariah