PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KEMITRAAN BANK SYARIAH TERHADAP REPUTASI BANK SYARIAH

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai kemitraan bank syariah dan reputasi bank syariah. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan analisis metode Skala Likert dan Chi Kuadrat. Data primer yang diambil dengan metode kuesioner dengan pengambilan sampel menggunakan metode Slovin sebanyak 100 sampel dari populasi masyarakat kota Bogor. Hasil perhitungan Skala Likert menunjukan bahwa masyarakat Kota Bogor mempunyai persepsi yang bervariasi mengenai kemitraan bank syariah dan reputasi bank syariah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat pendidikan dan informasi yang diperoleh oleh setiap individu. Perhitungan dengan metode Chi Kuadrat diperoleh nilai sebesar 84.100. Maka hasil Chi Kuadrat hitung lebih besar daripada Chi Kuadrat tabel yaitu 84.100 >13.277 sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima atau dapat disimpulkan bahwa masyarakat mengetahui kemitraan bank syariah dan reputasi bank syariah.Kata kunci : Persepsi, Masyarakat, Kemitraan, Reputasi