FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA MENJADI ENTREPRENEUR SYARIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa menjadi entrepreneur syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis yaitu analisis faktor. Objek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam di Bogor, dengan mengambil sampel dari beberapa mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Djuanda Bogor, Universitas Ibn Khaldun, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi faktor utama dan faktor pendukung dalam mempengaruhi motivasi mahasiswa menjadi entrepreneur syariah. Faktor utama tersebut adalah sikap jujur, pelatihan entrepreneur dan pendidikan khusus. Sedangkan faktor pendukung terdiri dari kreatif, praktik, mata kuliah, bertanggung jawab dan pengalaman.